Thursday 15 September 2016

Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Haloo times, kali ini aku bakal post yg beda dari biasanya, aku bakal post seputar jalur pendakian Gunung merbabu.

JALUR PENDAKIAN GUNUNG MERBABU

Gunung Merbabu mempunyai ketinggian 3142mdpl pada puncak tertingginya, puncak tertinggi merbabu adalah puncak kenteng songo atau puncak trianggulasi. Gunung ini berada di empat wilayah kabupaten yaitu kabupaten boyolali, magelang, salatiga dan kabupaten semarang. Gunung merbabu sendiri bisa dilewati atau bisa didaki lewat 4 jalur yg berbeda yaitu SELO, KOPENG, WEKAS dan THEKELAN, tapi menurut kawan masih ada sekitar 2 jalur pendakian yg lainya yaitu SUWANTING dan CUNTEL. tapi kali ini saya hanya akan membahas tentang JALUR PENDAKIAN MERBABU VIA SELO-GANCIK.

MERBABU VIA SELO-GANCIK

Perlu diketahui Jalur pendakian SELO ada 2 yaitu Selo Lama dan Selo-Gancik yg terbilang jalur baru dan kebetulan kemarin saya baru melakukan pendakian merbabu via SELO-GANCIK. Jalur Selo merupakan jalur favorit para pendaki pemula karena selain pemandangannya indah juga tracknya ringan. Pendakian Merbabu Via SELO-GANCIK terdiri dari 3 Pos dan 2 Sabana
Kemarin pada tanggal 9 September 2016 Saya dan 4 Kawan berniat melakukan pendakian gunung merbaabu, kami start dari kota tercinta Purwokerto jam 7 malam yg sebenarnya ngaret 3 jam dari rencana, kamipun melaju menuju basecamp dengan kecepatan santai karena posisi sedang hujan dan malam gelap, sampai jam 12 malam kami baru sampai di magelang karena kondisi tubuh yg lelah dan perjalanan masih lumayan kami memutuskan untuk menginap di pom bensin terdekat,setelah istirahat kami melanjutkan perjalan pukul 6 pagi yg dirasa sudah cukup siang untuk melanjutkan perjalanan, dari magelang kami menuju basecamp lewat mungkid dan ketep sampai di basecamp sekitar pukul 7.30 pagi. sebelum ke basecamp kami sempat ditawari oleh "ORANG BASECAMP" untuk memilih lewat Basecamp gancik atau selo lama, Tawaran Sangan meyakinkan karena sepintas dilihat dari peta pendakian memang jalurnya memotong dan dilihat lebih memangkas waktu. kami kenakan biaya pendaftaran Rp.11.000,- per orangnya dan parkir Rp.5000,- per motornya. sampai di basecamp gancik kita bersiap siap dan sarapan sebelum melakukan pendakian, perlu diperhatikan bagi pendaki baru, SARAPAN SEBELUM MELAKUKAN PENDAKIAN ITU PENTING.
Kemudian kami langsung melakukan pendakian, sekitar 20 Menit kami berjalan menjak melewati perkebunan warga dengan jalan cor coran yg pada musim pendakian biasanya banyak ojek kami sampai di Hilltop Gancik, Sebuah wisata buatan warga seperti rumah pohon di atas bukit, kemudian kami melanjutkan kembali perjalan menuju Pos 1, sekitar 2,5 jam kami mendaki akhirnya sampai di pos 1, menurut saya itu terlalu lama karena medan terjal tidak seperti yg kami bayangkan, kondisi tracking sepanjang jalan dan sedikitnya bonus menjadi alasannya hehehe. kemudian kami melanjutkan pendakian menuju pos 2 mulai memasuki hutan ditempuh sekitar 1,5 jam, kondisi masih tracking sepanjang jalan, lalu setelah pos 2 kami melanjutkan kembali pendakian dan mulai terlihat hamparan bukit bukit didepan mata, kamipun sempat patah semangat karena melihat medan yg begitu terjalnya hihihi, tapi akhirnya kami berhasil melewati bukit tersebut dan sampailah di pos 3 yg ditempuh sekitar 1 jam. hari semakin sore dan kami bergegas melanjutkan pendakian setelah melakukan potret potret alam hehehe, dari pos 3 menuju sabana 1 akan melewati sebuah bukit yg lumayan menguras tenaga, dan kami sampai dalam waktu sekitar 45 menit, di sabana 1 kami disuguhkan pemandangan ciptaan tuhan yg luar biasa indahnya, kami terkagum kagum dan spontan langsung mengeluarkan perangkat kamera, waktu kami cukup terkuras banyak di sabana 1 karena terlalu lama motret sana sini hehehe, kemudian kami tersadar karena kabut dan awan mendung mulai datang dan melanjutkan perjalan menuju sabana 2 untuk ngecamp atau mendirikan tenda, dari sabana 1 ke sabana 2 hanya melewati 1 bukit teletubies menanjak dan menurun sekitar 15 menit, kemudian kami langsung mendirikan tenda. lalu menyiapkan kompor dan lain lain untuk menyamankan diri dan membuat makanan haha. kamipun beristirahat dan berniat untuk mengejar sunrise di puncak. pagi pun tiba, tapi sayang kondisi tubuh kami belum sepenuhnya pulih dan memutuskan untuk muncak siangan, kemudian kami menuju puncak sekitar jam 6.30 dan itu terlalu siang dan tidak direkomendasikan, karena semakin siang anda muncak semakin panas suhu disana apalagi jika kalian muncak di gunung yg masih aktif, gas gas beracun mulai naik. kami mulai mendaki lagi tanpa carrier dan sampai dipuncak kenteng songo (3142mdpl) sekitar pukul 9 pagi, setelah melakuan foto foto salam salam dan lain lain kami turun jam 9.30 dan sampai di sabana 2 sekitar jam 10.20 kami langsung beres beres kemudian bersiap untuk turun ke basecamp, kami mulai turun ke basecamp  jam 11.00 dan mampir di sabana 1 untuk mengambil beberapa foto lagi sampai jam 12.00 kami turun sampai di pos 3 sekitar jam 12.30, PERLU DIPERHATIKAN PERTEMUAN ANTARA JALUR SELO LAMA DAN GANCIK ADA DI POS 3 JIKA KE KIRI AKAN LEWAT SELO LAMA DAN NAIK KE ATAS AKAN LEWAT GANCIK. kemudian kami turun hingga sampai di basecamp pukul 3.30 Sore.

JADI DARI RINCIAN CERITA DIATAS BISA DISIMPULKAN
UNTUK PENDAKIAN NAIK GUNUNG MERBABU VIA SELO-GANCIK DIBUTUHKAN WAKTU SEKITAR 6-7 JAM (SABANA 2) atau total Sekitar 8,5Jam Sampai Puncak.
untuk Turun memang relatif cepat hanya sekitar 4-5Jam sampai basecamp.

Pendakian via selo-gancik memang memiliki pemandangan yg indah disepanjang jalan namun ada baiknya jika anda pendaki pemula atau pendaki yg baru memulai pendakian pertamanya anda lewat selo lama karena menurut kawan disana jalurnya lebih landai.

Beberapa Foto yg saya ambil di merbabu

Pemandangan Gunung Merapi Dari Gunung Mebabu

Pemandanggan Sabana 1 dan 2 dan Gunung Merapi

Untuk Lebih Banyak bisa dilihat di akun instagram saya IG: faizallramadhan

tag: merapi,merapimerbabu,merbabu,indonesia,summit,photography,indotravellers,merbabumountain,gunungmerbabu,puncakmerbabu,jalurpendakian,selo,kopeng,suwanting,wekas,pendakiindonesia,instapendaki,sevensummitindonesia,sevensummitjateng,explorejateng,jatenggayeng,boyolali,magelang,semarang,purwokerto,exploreindonesia,mtma,mytripmyadventure